Monday, 27 May 2013

Jalan-jalan di Cimahi: Ingin Datang Lagi





Kota Cimahi merupakan kota kedua paling kecil di Jawa Barat setelah kota Cirebon (1). Selain itu umurnya juga paling muda. Tahun 2013 ini saja, Cimahi menginjakan langkahnya di tahun yang ke 12 pada 21 Juni. Meski kecil dan juga muda, kota Cimahi ini memiliki banyak hal yang bisa dijelajah. Apa saja yang menarik dari kota Cimahi? Saya akan berbagi pengalaman saya jalan-jalan di kota Cimahi.

Teman saya yang juga kuliah di Bandung berencana untuk pulang kampung ke Depok pada Minggu sore. Malam sebelumnya dia berkata ingin jalan-jalan singkat sekaligus mencari buah tangan untuk keluarganya. Karena sudah lama tinggal di kota Bandung, otomatis sudah jenuh untuk jalan-jalan di kota Bandung. Sebagai tuan rumah, saya menawarkan untuk jalan-jalan singkat di kota Cimahi. Mendengar hal itu, teman saya spontan bertanya, "Hah? Cimahi? Emang di Cimahi ada apa aja?". Saya jawab secara singkat, "Liat aja besok."

Menurutnya kota Cimahi itu kota yang tidak punya daya tarik untuk dikunjungi. Banyak orang yang menjadikan kota Cimahi sebagai tempat singgah saja atau kota selewat dalam perjalanan. Pemikiran seperti itu wajar bagi orang yang belum pernah mengunjungi kota Cimahi. Mereka yang belum pernah berkunjung ke kota ini akan punya opini bahwa kota Cimahi adalah kota yang kecil atau kota industri yang tidak memiliki daya tarik. Sebagai warga kota Cimahi, saya sendiri tertantang untuk menentang anggapan seperti itu khususnya anggapan dari teman saya sendiri.

Akrab di Area Gedung Pemkot Cimahi
Minggu pagi, saya dan teman saya langsung pergi ke area perkantoran Pemerintah Kota Cimahi (Pemkot Cimahi) di Jalan Raden Demang Hardjakusumah. Teman saya sedikit heran mengapa saya membawanya ke sana. Untuk mengenal kota Cimahi di Minggu pagi sangatlah cocok untuk berkunjung ke sana. Saat tiba di sana, dia sedikit terkejut melihat keramaian yang ada di jalan masuk menuju gedung perkantoran Pemkot Cimahi. Setiap Minggu pagi ada acara CFD (Car Free Day) di sekitar area gedung perkantoran Pemkot Cimahi, yaitu daerah jalan Raden Demang Hardjakusumah. Banyak sekali warga yang mengunjungi CFD. Sayapun menangkap momen ini melalui video:



Saat memasuki area gedung perkantoran, teman saya mendapatkan kesan lingkungan gedung yang bersih dan juga tertata: 
Bersih dan Tertata
Saat kami menuju pelataran parkir, ada beberapa remaja yang sedang melakukan tarian shuffling dan terlihat agak robotic di sana. Mereka sering berkumpul Minggu pagi di sana dan membentuk komunitas yang bisa menyalurkan hobi mereka. Saya sempat merekam gerakan-gerakan keren mereka:


Setelah itu kami menuju lapangan rakyat yang berada di gedung perkantoran pemerintah kota Cimahi. Di sana banyak orang bermain bulu tangkis, bersepeda, dan juga berileksasi. Teman saya kemudian berkata, "Wah hebat ya. Orang-orang bisa datang dan main di area gedung pemkot Cimahi. Mereka juga difasilitasi untuk berekspresi. Gua ngerasa pemkot Cimahi ini bersahabat dan merakyat." Saya merasa senang dan bangga menjadi warga kota Cimahi saat mendengar hal tersebut. Memang dengan seperti ini, warga akan merasa dekat dengan pemkot Cimahi. Gedung Pemkot Cimahi tidak memiliki kesan yang kaku, menakutkan, ataupun tertutup.

jalan-jalan santai, bersepeda, dan bermain badminton juga bisa :)


Setelah itu kami keluar area gedung perkantoran pemkot Cimahi karena waktu menunjukan pukul sembilan tiga puluh. CFD akan segera berakhir sekitar pukul 10. Saat melintas keluar, kami juga menemukan komunitas lain yang sedang bersosialisasi di CFD Cimahi yaitu Cimahi Reptile Community:

takut ular? 

Kota Hijau
Setelah mengetahui letak Pemkot Cimahi, saya kemudian mengantar teman saya berkeliling kotaCimahi. Teman saya terperangah saat melewati jalan-jalan kota Cimahi. Ia berkata bahwa di kota Cimahi banyak sekali area militernya. Tidak heran ia berkata begitu. Jika teman-teman jalan-jalan di kota Cimahi, teman-teman akan menemukan banyak sekali tempat pendidikan militer. Daerah pendidikan militer ini ternyata menempati 60% wilayah kota ini (2). Itulah sebabnya kota Cimahi terkenal dengan kota tentara, kota militer, atau kota hijau. Saat menjelaskan ini kepada teman saya, sayapun teringat perkataan sastrawan favorit saya, Pramoedya Ananta Toer, yang pernah berkata bahwa kota Cimahi memang terkenal dengan kota militer (3). Inilah salah satu ciri khas kota Cimahi sejak dulu. Saat menjelaskan, teman saya pun berceletuk dengan canda, "Jangan foto-foto di daerah militer, nanti kita ditembak!" 


Area Militer

Ngomong-ngomong kota hijau, sayapun menjelaskan bahwa hijaunya kota Cimahi bukan berarti militer saja. Hijau di sini bisa juga berarti ruang terbuka hijau. Dengan penduduk yang mencapai 600 ribu jiwa tepatnya 606.699 jiwa dan wilayah yang terbatas yaitu 44, 45 km persegi (4), tentunya kota Cimahi menghadapi tantangan besar ketika berbicara ruang terbuka hijau. Sebagai mahasiswa lingkungan (dan pernah mengambil tema tugas Rencana Tata Ruang Wilayah kota Cimahi), saya menjelaskan kepada teman saya bahwa sebenarnya kota Cimahi sedang berupaya meningkatkan ruang terbuka hijaunya karena pada saat ini dari jumlah yang direncanakan sebesar 15% kawasan, kota Cimahi baru memenuhi setengahnya atau seluas 300 ha (5). Nah, salah satu dari ruang terbuka hijau di kota Cimahi adalah Taman R. A. Kartini. Kamipun berisitirahat sejenak di sana sebelum  melanjutkan keliling kota Cimahi menuju Baros.

Taman R. A Kartini sebagai salah satu taman kota di Cimahi

Saat melewati Baros, kami melihat upaya pemkot Cimahi dalam membuat lingkungan hijau dan asri dengan wilayah yang sangat terbatas namun padat penduduk yaitu dengan pembuatan pembatas jalan yang diisi tanaman-tanaman. Hal ini cukup menyegarkan mata.

Taman mini di jalan 


Cyber City dan Industri Kreatif

Teman saya meminta segera diantar membeli buah tangan karena ia harus segera pulang. Sayapun menyarankan dua tempat yaitu Bandrek Hanjuang dan Batik Anggraeni. Saya memutar jalan melewati Baros. Di sana kami melewati BITC (Baros Information Technology and creative Center). Gedung ini menandakan bahwa kota Cimahi didaulat menjadi cyber city dengan slogan subway to the future. Sayang  kami tidak bisa masuk karena keterbatasan waktu.


Teman saya bertanya apa itu BITC. Ia mengira bahwa BITC semacam gedung olahraga. Saya menjelaskan sedikit tentang BITC kepadanya. Dengan sumber daya alam yang benar-benar terbatas, pemkot Cimahi berusaha untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia warganya. BITC adalah konsep dari pemkot Cimahi yang akan menjadikan wilayah Baros sebagai pusat kegiatan baru di Kota Cimahi yang dipercaya untuk dijadikan pusat kegiatan kreativitas. Di dalamnya terdapat ruangan Studio Research dan Development, ruang diskusi dan rapat serta ruang sarana prasarana film dan animasi. Dulu saya pernah mengunjungi BITC, ada komunitas animasi dan desain juga di dalamnya yang rutin bertemu. Kita bisa juga mengembangkan minat dan keahlian kita juga berbagi mengenai industri kreatif khususnya animasi.


Gedung BITC

masih gedung BITC
Setelah melewati Baros, kami menuju ke Bandrek Hanjuang yang letaknya tidak jauh dari Pemkot Cimahi, yaitu di jalan Cihanjuang no. 204. Bandrek Hanjuang merupakan salah satu produk industri kreatif yang ada di kota Cimahi dari segi makanan-minuman. Bandrek ini juga merupakan salah satu oleh-oleh khas kota Cimahi. Saat itu kami tidak sempat untuk melihat proses pembuatannya. Pengunjung bisa melihat pembuatannya jika mau. Di sini tidak saja dijual Bandrek dalam kemasan namun juga Bajigur, Kopi Bandrek, Kopi Bajigur, Sakoteng, enteh Bandrek, dan Beas Cikur Hanjuang. Harganya relatif terjangkau. Kemasan paling kecil satu rasa seharga Rp. 6000 sedangkan untuk campuran (9 rasa) hanya Rp. 12.000. Selain itu ada juga kemasan besar yang harganya berkisar antara Rp.45.0000 hingga 55.000. Kesan yang dirasa teman saya, "Sungguh menarik ada minuman tradisional yang berbau rempah-rempah yang diproduksi dalam kemasan. dan bisa langsung dibeli dari pembuatanya." Tidak hanya minuman, di sana juga tersedia Comring, Denjapi dan panganan lainnya.


Tempat pembuatan Bandrek Hanjuang


Berbagai rasa Bandrek Hanjuang

Dari Bandrek Hanjuang kami bergegas menuju Batik Anggraeni di Jalan Krakatau Nomor 4. Batik Anggraeni merupakan salah satu contoh industri kreatif di segi fashion. Batik Anggraeni menjual batik dengan motif khas kota Cimahi seperti motif rereng Kujang dan Kujang Cakra, Cirendeu, Ciawitali, Curug Cimahi, dan Militer. Harganya bervariasi dan terjangkau. Bisa dibeli dalam bentuk kain ataupun pakaian jadi. 


Batik motif khasi Kota Cimahi

Selain itu kita juga bisa melihat proses pembuatan batik:


proses pembuatan Batik



Setelah mengunjungi Bandrek Hanjuang dan batik Anggraeni untuk membeli oleh-oleh, kamipun pulang. Saya berceloteh sebelum berpisah, "Lho udah aja nih? Padahal masih ada Taman Kupu-kupu Cihanjuang, Lembur Batik, Kampung Adat Cirendeu, terus....". Lalu teman saya menjawab, "Wah, ternyata masih banyak yah. Jadi pengen balik lagi ke sini." 

Sayapun spontan bertanya, "Jadi, ada apa aja emang di kota Cimahi?", teman saya menjawab, "Yaahh....banyak...".  Kami berduapun tertawa terbahak-bahak. 

Itulah pengalaman saya dan teman saya berjalan-jalan di kota Cimahi. Meski kotanya kecil dan sumber daya alamnya terbatas, bukan berarti kota Cimahi bisa dilewatkan begitu saja. 

Cimahi, Saluyu Ngawangun Jati Mandiri!



------------------

*Foto-foto koleksi pribadi

*Sumber data & referensi:
(1) Kepadatan di Jawa Barat. 2012. Diakses melalui <http://www.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/992>
(2) Cimahi Sebagai Kota Tentara. 2013. Diakses melalui
(3) Cimahi, Kota Wisata Sejarah Militer. 2009. Diakses Melalui  <http://entertainment.kompas.com/read/2009/12/30/1601361/Cimahi.Kota.Wisata.Sejarah.Militer>
(4) Kepadatan di Jawa Barat. 2012. Diakses melalui <http://www.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/992>


12 comments:

Adin said...

Kota Cimahiku, kamnpung halamanku dulu. pengen dateng ka car fri daynya.

Anonymous said...

walau isi materi tentang cimahi tidak begitu banyak, tapi sangat deskriptif ...

Anonymous said...

setahun tinggal di cimahi baru tau ada bandrék yang gitu. Pernah beli di indomaret padahal bisa beli di pusatnya ua.

Arief Rosadi said...

Mantap seratanna kang.
Informatif pisun.
SIm kuring nembe terang mun banrdrek aya di gambar di luhur teh didamelna di Kota Cimahi. Pun mamah sareung bapak resep pisan eta bandrek.
Padahal ti kapungkur, abdi sok ameng ka cimahi, da dalulur bumi-na diditu.
hehe.

Bima Prawira Utama said...

wah deup, jadi hayang ka pusat bandreak eta.. ajak2 lah,di imah urang sok nginum eta, ngeunah visund, karek apal eta aya di cimahi, hahah.. aya comring oge ceunah, bandrek haneut jeung comring, geus we diet urang rangsak, tapi da hayang kumaha nyak :))

Pradipta Dirgantara said...

@adin: iya, skrg udah ada car free daynya. ayo main ke car free day kota Cimahi. rame pisan. hehe.

@anonim: iya, beli di pusatnya bisa sekalian lihat proses pembuatannya dan beli dgn harga yg lebih murah.

@arief rosadi: hatur nuhun kang tos ngintun komen di blog simkuring. Ngkin sim kuring ameng ka bumi kang ros nyandak bandrek sareng bajigur :)

Pradipta Dirgantara said...

@bima prawira:

siap bim, ngke ku urang bawa bandrek, bajugur, dkk plus pasak bumi lamun perlu pas ngaboardgame deui. sigana ngeunah sabari ninyuh :)))

Anggi said...

Kalo Curug Cimahi itu masuk wilayah mana ya?

Pradipta Dirgantara said...

Kalo Curug Cimahi adanya di Cisarua masuk wilayah administratifnya Kabupaten Bandung Barat.

M Rasyid said...

yth :pemilik blog
izin bagi-bagi info agan
Mencoba lebih baik dari pada diam. saya yang sudah bergabung di perusahaan okeyprofits.com mengajak anda untuk bergabung dan ikut serta merasakan keuntungan hanya dalam 100 hari. jangan biarkan uang anda diam dan malah berkurang tapi jalankan uang anda 2 x lipat untung 100 hari. minimal deposit 10 usd. Example
anda deposit 100 usd bonus 20% maka menjadi 120 usd yang akan kami kirimkan, 1 usd x 10 rb ke pusat kalau melalui saya x 9 rb. modal 100 usd itu akan menjadi 200 usd dalam 100 hari. kalau mau ditukar ke rupiah tukar langsung ke pusat atau ke sponsor (sesuai syarat dan ketentuan perusahaan) maka rupiah akan di kirimkan ke bank pribadi anda. bank apapun itu kita akan kirimkan. kepercayaan anda adalah tanggung jawab kami.
my info 082166643133
Gabung menjadi referral saya. Bonus Tambah saldo Deposit 20% Untuk Modal Penyertaan min: 100 USD untuk anda
Referensi Pendaftaran

Referensi Blog

Aplikasi Paling Keren

berita terbaru said...

Agen SBOBET - Agen JUDI - Agen Judi Online - Agen Bola - Agen 988Bet
Agen Sbobet
Agen Judi Online
Agen Judi
Bandar Judi
Agen Bola Bonus
Bandar Asia77
Agen Poker
Agen Asia8
Agen 1sCasino
Agen Casino
Agen Bola IBCBET
Agen Bola Sbobet
Prediksi Bola

dina lestari said...

terimakasih atas informasinya..


ST3 Telkom